Shalat Tahyatul Masjid Atau Menjawab Adzan?

      Saya Masuk ke Masjid dalam keadaan Adzan, apa yang harus saya lakukan, menjawab Adzan atau shalat dua rakaat tahyatal masjid?

Jawab:

Jika seorang masuk masjid dalam keadaan adzan maka dihadapannya ada dua syareat yaitu: Pertama: menjawab adzan dan kedua: shalat sebelum duduk, kedua amalan ini disyareatkan Allah dan Rasul-Nya.

Dalam keadaan yang ditanyakan hendaknya ia berdiri mendengarkan adzan dan menjawab adzan kemudian dilanjutkan dengan bershalawat dan berdoa sebagaimana dituntunkan Rasulullah saw, baru kemudian dia kerjakan sholat tahiyatul masjid. Dengan demikian dia telah mengumpulkan dua kebaikan (maslahat) menjawab adzan dan shalat dua rakaat.

Kecuali jika saat yang ditanyakan adalah hari jumat, ketika seorang masuk masjid dalam keadaan Imam sudah di atas mimbar dan adzan dikumandangkan, dalam keadaan ini hendaknya ia segera menegakkan shalat tahyatul masjid dan tidak menjawab Adzan. Kenapa demikian?

Dalam keadaan ini dia dihadapkan kepada dua perkara:

  1. Dia menjawab adzan dulu kemudian dilanjutkan tahyatal masjid, hal ini berakibat berkurangnya waktu cukup lama untuk mendengarkan Khutbah.
  2. Dia Tidak menjawab adzan, namun langsung Shalat dua rakaat sehingga waktu untuk mendengar khutbah jumat lebih lama.

Dalam kaedah dikatakan jika seorang dihadapkan dua mafsadah (kerugian) yang harus ditempuh salah satunya maka dia memilih mafsadah yang paling ringan.

Dan mafsadah teringan adalah meninggalkan menjawab adzan yang hukumnya sunnah untuk mendapatkan yang waktu lebih lama untuk mendengarkan khutbah.

Di kutip dari http://salafartikel.wordpress.com

Posted on Maret 16, 2012, in Fiqih, Tanya Jawab, Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: