Apakah Benar Banyak Minum Kopi Itu Makruh?

Sambil ngeronda biar tidak ngantuk ada faidah 

Ada pertanyaan yang disampaikan kepada As Syaikh Ibnu Utsaimin:

Pertanyaan: “semoga Allah Ta’ala melimpahkan kebaikan kepada anda atas arahan yang baik ini; wahai Syaikh, apakah benar bahwa banyak minum kopi itu hukumnya makruh?”

As Syaikh menjawab:”kopi itu termasuk minuman yang hukumnya mubah. Akan tetapi apabila dikatakan banyak minum kopi itu memadhorotkan, justru jadi haram. Disisi lain manusia berbeda-beda, ada yang mengatakan jangan minum kopi, kopi itu bahaya buat kamu!.. kita katakan jangan engkau meminumnya!, haram buat kamu!. Tapi yang lain yang sudah biasa minum dan tidak ada pengaruh jelek pada badannya, maka kita katakan minumlah sesukamu!...

Oleh karena itu tidak ada yang meragukan bahwa kurma itu halal, tetapi kalau dikatakan kepada orang yang terjangkiti penyakit gula jangan makan kurma!, Bahaya buat kamu!, Maka kita akan mengatakan ya haram buat kamu… padahal memang asalnya halal.

Maka sesuatu yang halal baik berupa makanan, minuman dan pakaian, apabila mengandung mudhorot untuk manusia tertentu, maka haram bagi dia. Begitu juga jika sesuatu yang diharamkan tadi aman dari bahaya buat dirinya maka tetap halal.

Maka orang yang kelaparan sampai khawatir bisa berakibat kematian, bangkai halal bagi dia, babi halal bagi dia dan sembeliahan buat berhalapun halal bagi dia.

……..

Intinya, bahwa sesuatu itu bisa jadi haram untuk seseorang tapi halal buat yang lain, hal tersebut sesuai kondisi masing-masing pribadinya, adapun yang asalnya haram mutlaq, maka haram bagi siapapun, kecuali jika terpaksa seperti tadi dan bahaya bisa hilang dengan memakan yang haram tersebut maka menjadi halal saat itu bagi dia saja”.

Fatwa As Syaikh Ibnu Utsaimin No. 232.

Pent: abul hasan ibnu zuhri

سؤال: أحسن الله إليكم على هذا التوجيه المبارك يا فضيلة الشيخ هل صحيح أن الإكثار من القهوة مكروه؟

——————————

 الجواب  

 

 الشيخ: القهوة من الشراب المباح لكن إذا قيل إن الإكثار منها يضر صارت حراما ومن ثم يختلف الناس فهذا الرجل الذي قيل له لا تشرب القهوة فإنه ضارة بك نقول لا تشربها حرام عليك والآخر الذي اعتاد شربها ولم تؤثر عليه نقول اشرب ما شئت ولهذا لا أحد يشك في أن التمر حلال لكن لو قيل لرجل مصاب بداء السكر لا تأكل التمر فإنه يؤثر عليك ويضرك قلنا التمر حرام عليك مع أنه حلال فالشيء الحلال من مأكول ومشروب وملبوس إذا كان يتضمن ضررا على الإنسان فإنه يكون حراما عليه كما أن الحرام من هذا إذا كانت تندفع به الضرورة صار حلال فالرجل الجائع الذي يخشى على نفسه الموت تحل له الميتة ويحل له لحم الخنزير ويحل له ما ذبح على النصب والإنسان المضطر إلى لبس الحرير وأعني ذلك الرجل يجوز له أن يلبس الحرير لو كان فيه حساسية يعني حكمة وقال الأطباء إن الذي يذهبها أن تلبس الحرير قلنا البس الحرير مع أنه حرام لكن للحاجة جاز له اللبس فالمهم أن الشيء قد يكون حراما لشخص حلالا لآخر وذلك حسب ما تقتضيه حاله أما المحرم على الإطلاق فهو حرام على كل أحد لكن مع ذلك المحرم على كل أحد إذا اضطر الإنسان إليه واندفعت ضرورته بتناوله صار حلالا له.

فتاوى الشيخ ابن عثيمين رقم: ٢٣٢

About Abul Hasan

KST Preorder www.kulakansandang.wordpress.com

Posted on Maret 25, 2017, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: